Khasiat dan Manfaat Daun Poko

Khasiat Daun Poko
Khasiat Daun Poko – Tanaman poko atau Mentha arvensis L. var Javanica Bentham, merupakan tanaman yang termasuk familia Labiatae, tempat pertumbuhannya di Indonesia (banyak pula terdapat di Eropa dan Amerika). Daun-daunnya banyak diperlukan sebgai bahan obat, berbau aromatik dan rasanya agak pedas. Helai-helai daun tanaman ini berbentuk bulat telur, pangkal daun dan ujung daunnya meruncing, sedang tepi daun bergerigi, panjang daun antara 3 cm sampai 6 cm, berwarna hijau agak kecokelat-cokelatan. Tanaman berbatang tegak dengan 30-50 cm, bercabang kecil yang tumbuh menjalar, berbuku dengan tiap buku keluar tunas dan akar, serta berbentuk segi empat. Daun bulat telur, berujung runcing maupun tumpul, bergigi dangkal, dan berbulu jarang di permukaan daun bagian atas. Tulang daun bagian bawah berbulu pendek. Bunga berbentuk tabung dengan mahkota ungu. Poko banyak dijumpai di Pulau Jawa yang berketinggian 150-1200 m di atas permukaan laut, terutama daerah berair dan banyak hujan.



Nama Lokal Daun Poko
Daun poko (Melayu, Sumatera), Bijanggut, Bujanggut (Jawa), Janggot (Sunda).


Kandungan dan Komposisi Daun Poko
Daun tanaman poko yang banyak diperlukan sebgai bahan obat ternyata mengandung zat-zat: Minyak atsiri sekitar 1,25% yang berbau aromatik dan pedas, damar, zat penyamak dan gom


Khasiat dan Manfaat Daun Poko
Dalam ramuan, poko berkhasiat untuk mengeluarkan gas dari saluran pencernaan (karminatif), mengurangi ketegangan otot (antipasmodik), memperlancar pengeluaran keringat (diaforetik), obat batuk, obat sakit perut dan obat sakit kepala.

Sumber: Ramuan Tradisional Untuk Pengobatan Jantung

Silahkan di-share dengan:

0 comments:

Post a comment