Kesalah-Kesalahan Persiapan dan Penyelenggaraan UN 2013

Ujian Nasional 2013 untuk tingkat SMA dan sederajat yang pada jadwal utamanya hari Senin (15/04) telah dilaksanakan dibeberapa daerah, kecuali di 11 Provinsi zona Indonesia tengah yang mengalami penundaan dan kemunduran waktu (jadwal terbaru UN tingkat SMA dan sederajat di 11 Provinsi).
UN 2012-2013


Dari evaluasi persiapan hingga pelaksanaan UN hari pertama untuk tingkat SMA sederajat ternyata banyak kesalahan-kesalahan yang “serius” yang ditemukan di lapangan
Berikut daftar kesalahan UN 2013 sementara hasil inventarisir JPNN.COM:
  1. H-3 pelaksanaan UN, Jumat (12/4), seharusnya naskah soal sudah berada di provinsi. Tapi fakta di lapangan, banyak daerah belum menerima naskah UN yang akan diujikan 15 April 2013. 
  2. H-3 pelaksanaan UN, diketahui selain banyak daerah yang belum menerima naskah, juga terjadi kesalahan dalam pengiriman. Tercatat, satu karung naskah UN Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau nyasar ke Sumatera Utara karena keliru dalam penulisan alamat.
  3. H-2 pelaksanaan UN, Minggu (14/4), karena distribusi UN belum sampai, Mendikbud Mohammad Nuh resmi mengumumkan pengunduran UN di 11 provinsi dari jadwal semula 15 April ke 18 April 2013. Tidak serentaknya pelaksanaan UN ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak Indonesia merdeka.
  4. Hari pertama UN, Senin (15/4), terdapat kekurangan ratusan paket soal di sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara. Hal ini juga terjadi di Bandung, baik soal IPA, IPS maupun SMK. Solusinya dibuat kebijakan yang membolehkan penggandaan (copy) naskah UN untuk menutupi kekurangan.
  5. Hari Pertama UN, Senin (15/4), delapan sekolah di Padangsidempuan, 10 sekolah di Tebing Tinggi dan 1700 siswa jurusan IPS di Mandailing Natal (Madina), menunda UN hari pertama karena tidak menerima naskah soal.
  6. Hari pertama UN, Senin (15/4), di Bandung juga terjadi kekacauan pelaksanaan UN karena naskah UN hari pertama yang seharusnya Bahasa Indonesia, namun isi dalam amplop soal ternyata Bahasa Inggris.
  7. Hari pertama UN, Senin (15/4), masih di Bandung, SMK Cendikia dikasih jatah naskah UN
Source:JPNN.com

Silahkan di-share dengan:

2 comments:

  1. heran masak persiapa setahun bisa amburadul kayak gini ya?... bener bener indonesia banget.. he he he. salam kenal boz

    ReplyDelete
    Replies
    1. yayaya... setuju, benar2 indonesia bangat, iya salam kenal balik, terima kasih sudah kunjungi blog ini..

      Delete