Tangan Kita Ternyata Super Canggih

Tangan Kita Super Canggih - Dunia kedokteran dan ilmu pengetahuan bersusah-payah berusaha membuat tangan tiruan. Sejauh ini, tangan-tangan robot yang dihasilkan memiliki kekuatan yang sama dengan tangan manusia, tetapi tangan robot hanya mampu melakukan sejumlah kecil saja pekerjaan yang dapat dilakukan tangan manusia.
Tangan kita lebih cangggih

Coba Anda berdiri di depan tembok dan genggamlah tangan Anda dengan kuat, lalu pukullah sekuat tenaga ke tembok di depan Anda. Namun ,sebelum tangan Anda menyentuh tembok, hentikan ayunan tangan dengan cepat. Untuk melakukan hal itu ternyata sangatlah mudah bukan? Bayangkan jika pekerjaan tadi dilakukan oleh robot, manusia sudah pasti memerlukan pemikiran yang "keras" untuk bisa menciptakan robot dengan kontrol yang demikian.

Saat tangan terayun, ia memiliki tenaga yang sangat kuat dan besar. Namun, kita dapat dengan mudah menghentikannya. Dan dengan tangan yang sama pula kita bisa menggunakannya untuk pekerjaan yang lembut seperti menggenggam sebuah telur tanpa memecahkannya. Subhanallah..

Allah menciptakan tangan kita dengan kemampuan yang luar biasa. Kita dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan. Dari yang membutuhkan tenaga dan kekuatan, seperti memukul, mengangkat, mendorong, hingga yang mengharuskannya bekerja dengan lembut dan halus seperti menulis, menggambar, merajut, mengetik dan sebagainya.

Semua dapat kita lakukan tanpa mengubah ukuran tangan, komposisi bahan tangan, atau mengatur ulang program yang berjalan di tangan kita. Semuanya sudah tersedia secara sempurna.

Biasanya, tangan manusia bekerja bersama-sama dengan mata. Sinyal yang sampai ke mata diteruskan ke otak dan tangan bergerak menurut perintah yang diberikan otak. Tentu saja, ini berlangsung dalam waktu sangat singkat dan tidak diperlukan usaha khusus untuk melakukannya. Di lain pihak, tangan robot tidak dapat bergantung pada penglihatan dan sentuhan. Untuk setiap gerakan diperlukan perintah yang berbeda-beda. Selain itu, tangan robot tidak mampu melakukan bermacam fungsi. Contohnya, tangan robot untuk bermain piano tidak dapat memegang palu, dan tangan robot untuk memegang palu tidak dapat memegang telur tanpa memecahkannya. Beberapa tangan robot yang terakhir dibuat hanya mampu melakukan 2-3 gerakan bersamaan, tetapi ini masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan kemampuan tangan manusia. Ketika Anda memikirkan kedua tangan yang bekerjasama secara selaras, kesempurnaan tangan ini akan lebih gamblang lagi.

Ternyata tangan kita memang super canggih, mahakarya sang pencipta Allah yang "maha CANGGIH" pula. "Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (Al Ankabuut ayat 19)

Silahkan di-share dengan:

0 comments:

Post a Comment